Makalah metode yambu

 MAKALAH

METODE PEMBELAJARAN AL-QUR'AN YANBU'A

Disusun Untuk Memenuhi Tugas 

Mata Kuliah : Metode Pengajaran Alqur’an 

Dosen Pengampu : Yeni Rosnaeni, M.Pd



Disusun Oleh   :

Apud

7.01.19.019



PROGRAM STUDI ILMU ALQUR’AN DAN TAFSIR

FAKULTAS USHULUDDIN

INSTITUT AGAMA ISLAM CIREBON


KATA PENGANTAR


Dengan mengucapkan puji syukur Alhamdulillah kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah melimpahkan rahmat, kesehatan dan kelancaran-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul "Metode pembelajaran Al-Qur'an Yanbu'a” dengan tepat waktu.

Tujuan kami membuat makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah “Metode Pengajaran Al-Qur’an”, kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak atas doa dan bantuannya dalam penyusunan makalah. Kami menyadari banyak kesalahan dan kekurangan dalam penulisan serta isi makalah. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan supaya kedepannya menjadi lebih baik.

Semoga pemaparan makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, memberikan motivasi untuk selalu belajar dalam memahami Alqur’an dan meningkatkan rasa cinta terhadap Alqur’an.



Cirebon, 1juli 2022

Penyusun


DAFTAR ISI


Cover

Kata Pengantar

Daftar Isi

BAB I   PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

1.2 Rumusan Penulisan

1.3 Tujuan Penulisan

BAB II  PEMBAHASAN

Sejarah metode yanbu'a

Karakterisktik metode yanbu'a

Strategi dan tujuan merode yanbu'a

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Daftar Pustaka


BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Tak sedikit metode pembelajaran Al-Qur'an  di Indonesia, dan diterapkan oleh majelis-majelis, pondok pesantren, dan bahkan perguruan tinggi, metode yang sering kita jumpai yaitu metode Yanbu'a, metode yang sangat praktis akan tetapi tujuan dan hasil yang maksimal.

Asal mula dari metode ini berasal dari pondok tahfidz Yanbu'ul Ulum, Kudus, Jawa Tengah, pada metode ini peserta didik, harus melewati 7 jilid agar supaya bisa dalam membaca Al-Qur'an dengan lancar

       Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis menyusun makalah ini karena tertarik ingin mengetahui bagaimana sejarah berkembangnya pengajaran al-qur’an khususnya di Indonesia.

1.2 Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang terdapat di makalah ini, yaitu:

Bagaimana Sejarah Pengajaran Al-Qur’an metode yanbu'a?

Ada karakteristik metode yanbu'a?

Bagaimana tujuan dan strategi metode yanbU'a? 

1.3 Tujuan Penulisan

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang di jelaskan diatas, maka dapat di simpulkan beberapa tujuan penulisan makalah ini, yaitu:

Untuk memahami sejarah perkembangan pengajaran al-qur’an metode yanbu'a

Untuk mengetahui karakterisik metode yanbu'a

Untuk mengetahui tujuan dan strategi metode yanbu'a


Salah satu metode pembelajaran membaca dan menghafal al-Qur’an adalah metode Yanbu’a. Suatu metode pembelajaran membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an yang disusun sistematis terdiri 7 jilid, cara membacanya tepat, benar dan tidak putus-putus, sesuai dengan makhorijul huruf dan ilmu tajwid

A Sejarah Metode Yanbu’a

 Yanbu'a berasal dari dua kata, yaitu metode dan yanbu'a. Metode sendiri memiliki arti suatu cara yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu (yaitu tujuan dalam membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai makhorijul huruf) dan yanbu'a yang diambil dari suatu nama pondok, yaitu Pondok Tahfidh Yanbu'ul Qur'an Kudus Jawa Tengah yang memiliki arti Sumber Al-Qur'an

Metode Yanbu’a bisa dipraktikkan oleh kalangan pembelajar al-Qur’an hingga sekarang karena adanya kitab Yanbu’a dengan judul Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal al-Qur’an Yanbu’, Karangan Muhammad Ulin Nuha Arwani. Yang diprakasai oleh tiga tokoh pengasuh Pondok Pesantren Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus antara lain KH. M. Arwani Amin (alm) yaitu KH. Ulin Nuha Arwani, KH. Ulil Albab Arwani, dan KH. M. Manshur Maskan (alm).


Hal ini dilakukan karena sebagai upaya agar tidak terjadi putusnya hubungan keakraban antara alumni dengan Pondok Pesantren Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus, maka para alumni mengusulkan untuk menyusun Kitab Yanbu’a dan menjadi sebuah awal metode tersebut lahir. Dan atas desakan yang terus menerus dan memang dirasa perlu dalam menjaga dan memelihara keragaman bacaan. 

Dalam proses penulisan buku ajar metode Yanbu'a ini awalnya terlaksana pada tanggal 22 November 2002 atau 17 Ramadhan 1423 H. Namun baru diterbitkan dua tahun setelahnya, yaitu pada tahun 2004.


Adapun dalam pengambilan nama Yanbu’a sendiri diambil dari kata Yanbu’ul Qur’an yang berarti sumber al-Qur’an. Konon katanya, nama tersebut sangatlah digemari oleh seorang guru besar al-Qur’an al-Muqari’ KH. M. Arwani AminDalam penyusunan Kitab Yanbu’a memerlukan waktu 2 tahun lamanya dengan penerbitan awal 2004 atas perintah KH. M. Ulil Albab Arwani. Dimana kitab ini dicetak menjadi 8 jilid sesuai tahapan dalam ajaran pembacaan al-Qur’an. Pada tahun 2007 disusul penerbitan buku Yanbu’a hafalan surat-surat pendek dan do’a.


B.Karakteristik Kitab

Sebuah kitab pastinya mempunyai karaktersitik dan ciri khas masing-masing. Tidak luput di dalam Kitab Yanbu’a ini, dimana pada penulisannya disesuaikan dengan Rasm Utsmani dan pada contoh-contoh yang gandeng yang tertulis di dalam kitab semuanya bersumber di dalam al-Qur’an.


Terdapatnya tanda-tanda khusus sebagai tanda pelajaran inti. Misalnya pelajaran pokok ditandai dengan lingkaran hitam kecil pada halaman bagian bawah (footnote). Terdapat materi tulis Arab Jawa Pegon, menjadi pelatihan pengenalan sisi lokalitas.


Selain itu, di dalam per jilid kitab diberikan bimbingan pengajaran sesuai jilid masing-masing tingkatan dan lebihnya diberikan persyaratan yang dapat mengajar kitab Yanbu’a tersebut. Seperti halnya, orang yang sudah pandai dalam membaca al-Qur’an dan berguru kepada Ahlil Qur’an. 

C.tujuan danSebagai Metode Praktis

Metode Yanbu’a sebagai salah satu sarana untuk mencapai tujuan berupa materi yang tersusun secara sistematis sebagai pengantar dalam pembelajaran al-Qur’an. Memberikan tercapainya tujuan yang digapai yaitu membiasakan terlatihnya kefasihan mulai usia anak-anak.

Salah satu tujuan dari disusunnya metode ini adalah untuk menyelaraskan metode baca tulis Al-Qur'an yang telah ada, seperti metode Iqro', metode Qiro'ati, metode Ummi, metode Baghdady, da

Cara tersebut dikenal dengan tajwidul al-Qur’an dengan penyampaian beberapa sistem yang bertujuan memudahkan siswa baik secara musyafahah (guru membaca terlebih dahulu kemudian siswa menirukan), ardul qiraah (siswa membaca di depan guru sedangkan guru menyimak dengan baik), dan pengulangan.


Hal ini memudahkan siswa dalam menerima pesan pembelajaran dari penyampaian materi tajwid al-Qur’an yang diutarakan oleh pengajar. Tidak terlepas dari penyampaian materi yang begitu praktis dan sederhana yaitu siswa menirukan secara langsung dari yang dibacakan guru secara perlahan.


Kemudian, guru juga mengkoreksi secara langsung baik dari makhorijul huruf, tajwid, sehingga dari pengulangan bacaan dari seorang guru dapat diterima secara benar dalam mempraktekkan bacaan al-Qur’an oleh siswa.

Di antara tujuan lain dari dibentuknya metode yanbu'a ini adalah agar pembelajaran Al-Qur'an dapat dilaksanakan secara sistematis dan efektif. Dengan adanya metode Yanbu'a diharapkan peserta didik nantinya dapat membaca atau menghafal Al-Qur'an secara tartil yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, memperhatikan makhorijul huruf dan memahami bacaan Gharib Al-Qur'an. Adapun tujuan khusus dari dibentuknya metode yanbu'a ini adalah:


1.Ikut andil dalam mencerdaskan anak bangsa supaya bisa membaca Al Qur’an dengan lancar dan benar.‎

2.Nasyrul Ilmi (menyebarluaskan ilmu) khususnya ilmu Al Qur’an.‎

3.Memasyarakatkan Al Qur’an dengan Rosm Utsmaniy[pranala nonaktif permanen].‎

4.Untuk membetulkan yang salah dan menyempurnakan yang benar.‎

5.Mengajak selalu mendarus Al Qur’an dan Musyafahah Al Qur’an sampai Khatam


Bab IV

Kesimpulan

1.sallah satu metode pembelajaran membaca dan menghafal al-Qur’an adalah metode Yanbu’a. Suatu metode pembelajaran membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an yang disusun sistematis terdiri 7 jilid, cara membacanya tepat, benar dan tidak putus-putus, sesuai dengan makhorijul huruf dan ilmu tajwid

Sejarah Metode Yanbu’a

Metode Yanbu'a berasal dari dua kata, yaitu metode dan yanbu'a. Metode sendiri memiliki arti suatu cara yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu (yaitu tujuan dalam membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai makhorijul huruf) dan yanbu'a yang diambil dari suatu nama pondok, yaitu Pondok Tahfidh Yanbu'ul Qur'an Kudus Jawa Tengah yang memiliki arti Sumber Al-Qur'an

2.karakteristik Kitab

Sebuah kitab pastinya mempunyai karaktersitik dan ciri khas masing-masing. Tidak luput di dalam Kitab Yanbu’a ini, dimana pada penulisannya disesuaikan dengan Rasm Utsmani dan pada contoh-contoh yang gandeng yang tertulis di dalam kitab semuanya bersumber di dalam al-Qur’an.


Terdapatnya tanda-tanda khusus sebagai tanda pelajaran inti. Misalnya pelajaran pokok ditandai dengan lingkaran hitam kecil pada halaman bagian bawah (footnote). Terdapat materi tulis Arab Jawa Pegon, menjadi pelatihan pengenalan sisi lokalitas.

3.sebagai Metode Praktis

Metode Yanbu’a sebagai salah satu sarana untuk mencapai tujuan berupa materi yang tersusun secara sistematis sebagai pengantar dalam pembelajaran al-Qur’an. Memberikan tercapainya tujuan yang digapai yaitu membiasakan terlatihnya kefasihan mulai usia anak-anak.

Salah satu tujuan dari disusunnya metode ini adalah untuk menyelaraskan metode baca tulis Al-Qur'an yang telah ada, seperti metode Iqro', metode Qiro'ati, metode Ummi, metode Baghdady, 




Daftar pustaka

(Muhammad Ulin Nuha Arwani. Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal al-Qur’an YANBU’A. (Kudus: Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus, 2004). hlm. iii Kata Sesepuh)

(Muhammad Ulin Nuha Arwani. Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal al-Qur’an YANBU’A ‘Jilid 1’. (Kudus: Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus, 2004). hlm. 1&2

Pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Al-Madaniyah desa Ketenger kecamatan Baturraden kabupaten Banyumas" (PDF). Repository IAIN Purwokerto. 2017.

 "YANBU'A | Pesantren Virtual" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-24.

 Fatimatuzzahroh, Fika (2015). "Aplikasi Metode Yanbu'a dalam Meningkatkan Kefasihan dan Kelancaran Baca Siswa Kelas VII A pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist di MTs Al-Hidayah Donowarih kabupaten Malang" (PDF). e-theses UIN Malang.

[1]


 "YANBU'A | Pesantren Virtual" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-24.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode pengajaran Al-Qur'an masa Tabi'in

Mengenal Kitab Al Hikam

Mengenl Kitab Mahalli